GURU BIASA MEMBERITAHUKAN, GURU BAIK MENJELASKAN, GURU ULUNG MEMPERAGAKAN, GURU HEBAT MENGILHAMI

Jumat, 04 Maret 2011

JARING JARING KUBUS ADA 11 MODEL

Menentukan jaring-jaring balok dan kubus
1) Jaring-jaring kubus
Untuk menunjukkan cara memperoleh jaring-jaring
kubus, guru dapat meminta kepada siswa untuk
membelah kubus-kubus mereka dengan menggunakan
cutter atau gunting menurut beberapa rusuk tertentu
dan menyisakan satu rusuk yang merangkaikan antara
dua persegi, serta ajukanlah pertanyaan kepada para
siswa ada berapa macam bentuk jaring-jaring dari
sebuah kubus?
Setelah mereka memulai pengguntingan dengan cara
yang berbeda-beda, tentunya mereka akan menjawab
dengan bermacam-macam jawaban. Dapat dimungkinkan
bahwa ada beberapa siswa yang cara mengguntingnya
membuahkan hasil yang sama. Hasil
guntingan siswa akan membentuk salah satu jaring.


Jaring-jaring tersebut  apabila dirangkaikan
kembali maka:
(a) Tidak ada satu pun hasil guntingan yang berupa
daerah persegi tersebut yang menutup persegi
yang lain.
(b) Hasil pengguntingan tidak boleh terlepas yang
satu dengan lainnya.
Dengan demikian yang dimaksud jaring-jaring kubus
adalah suatu rangkaian yang terdiri dari enam daerah
persegi yang apabila digabungkan kembali (diimpitkan
sisi-sisi perseginya) akan membentuk kubus.

Ada 11 model jaring jaring kubus dengan pola sbb:
Pola 1-4-1 sebanyak 6 macam. Pola 1-4-1 berarti terdiri atas rangkaian empat persegi pada
satu baris di bagian tengah diikuti dengan masing-masing 1 persegi pada sebelah
menyebelah rangkaian empat persegi tersebut, seperti terlihat pada gambar ini

Pola 2-3-1 sebanyak 3 macam. Pola 2-3-1 berarti terdiri atas rangkaian tiga persegi pada
satu baris di bagian tengah diikuti dengan dua persegi pada bagian atas dan satu persegi
pada bagian bawah rangkaian tiga persegi tadi, seperti terlihat pada gambar ini.

Pola 2-2-2 sebanyak satu macam dan
pola 3-3 sebanyak 1 macam seperti gambar di bawah ini.
Tentunya Anda akan mengetahui, mengapa bentuk di bawah ini disebut berpola 2-2-2
dan 3-3




5 komentar: